Sabtu, 07 Juli 2012

Modifikasi Honda Jazz SQL - Loud And Smooth


“Zando selaku owner Honda Jazz ini memang hobi dengan karakter musik yang kencang yang didominasi nada bass, serta seimbangnya karakter vocal yang jernih. Sehingga konsep SQL saya aplikasikan di mobilnya,” papar instalatur dari Omega Soundworks, Semarang.
Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

Head Unit 2-Din

Sebagai sentralitas suara, perangkat yang disematkan oleh Wisnu pada Honda Jazz milik Zando jatuh kepada Kenwood DDX4031. Hal ini dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan hiburan dengan fitur yang dimiliki.

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

“Head unit ini memiliki fasilitas multimedia yang bisa membaca beragam format audio maupun visual. Untuk urusan suara, fitur equalizer yang dimiliki bisa mengoptimalkan pengaturan sesuai selera owner mobil,” ucap Wisnu.

Speaker 2-Way On Axis

Point untuk suara diperhitungkan oleh Wisnu ketika membangun sistem audio pada Honda Jazz berwarna silver ini. Pada bagian depan, disematkan speaker 2-way Venom VX6SII dengan arah langsung ke pengemudi.

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

“Tujuannya agar dapat menciptakan suara fokus di tengah dan panggung terpapar di atas dashboard. Pilar A saya buat dari bahan fiber sebagai dudukan tweeter agar rigid dan kokoh,” cetus Wisnu.

Speaker Belakang 3 Set

Untuk mengejar point maksimal dalam kompetisi SQL, Wisnu menyematkan 3 set speakerVenom VX6BII di bagian belakang.

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

“Penilaian kontes SQL diukur dari belakang mobil. Saya optimalkan dengan penggunaan 3 set speaker untuk menciptakan panggung yang lebar dan ketebalan vocal yang akurat serta seimbangnya semua instrumen musik yang tertata apik dan terbagi dari tiap speaker,” terang Wisnu.

Subwoofer 2 Unit, Bass Kencang

Meski Honda Jazz memiliki keterbatas dalam ukuran kabin, tidak mengurungkan niatan Wisnu untuk menghadirkan sistem audio yang cemerlang. Untuk menciptakan suara rendah, Wisnu menggunakan 2 unit subwoofer Venom VX2112W 12 inci dengan penempatan yang ideal.
“Untuk box, saya buatkan ported dengan kubikasi tiap box sebesar 1,75 cu/ft,” imbuhnya.

Amplifier 3 Unit Agar Maksimal

Penggunaan asupan daya yang sesuai memang diperhitungkan Wisnu. Pasalnya, dengan tenaga yang tepat akan membuat semua speaker bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

“Dua unit amplifier Venom V460BII untuk mensuplay arus speaker depan dan 3 set speaker belakang. Sedangkan 1 unit amplifier Venom VD2000SII untuk men-drive 2 unit subwoofer,” tambah wisnu.

Enjoy SQL With Black Eyed Peas

Kurang pas jika tidak mencicipi sistem audio yang terdapat pada Honda Jazz racikan Wisnu, sehingga dilakukan uji dengar oleh tim BosMobil menggunakan CD dari Black Eyed Peas dengan posisi 2 meter dari belakang mobil untuk mendengarkannya.

Honda Jazz Modifikasi SQL - Full Venom

Excellent ... inilah kata yang bisa diucapkan. Tatanan suara terdengar seimbang di tiap lini frekuensi dengan fokus terdengar sejajar kuping. Sedangkan dentuman bass yang tercipta tetap konstan. Meskipun tempo musik berubah menjadi cepat, gebukan bass tetap solid.
Data Modifikasi :
Head Unit Kenwood DDX4031, Speaker Depan Venom VX6SII, Venom Belakang VX6BII (3set), Subwoofer Venom VX2112W (2pcs), Amplifier Venom Black V460BII (2Pcs), Amplifier Venom VD2000SII, Kabel Speaker & RCA Vox Altitude, Peredam Automat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar